Gadget—seperti smartphone atau tablet—sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Di era sekarang, hampir setiap orang memilikinya, baik orang dewasa maupun anak-anak. Gadget tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai sumber informasi yang mudah, cepat, dan murah.
Bayangkan zaman dahulu, ketika kita ingin mencari informasi, kita harus membuka koran, membaca buku di perpustakaan, atau bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya. Kini, dengan hanya satu sentuhan ringan di layar gadget, informasi yang kita butuhkan bisa muncul dalam hitungan detik.
Namun, kemudahan ini juga harus diimbangi dengan kemampuan dan pemahaman yang baik. Penggunaan gadget ibarat pisau bermata dua: di satu sisi membawa manfaat besar, tetapi di sisi lain bisa mendatangkan dampak negatif jika tidak digunakan secara bijak. Oleh karena itu, mari kita pahami bersama beberapa manfaat positif sekaligus risiko dan batasan dari penggunaan gadget dalam kehidupan pelajar.
Manfaat Positif Gadget
- Membantu mengerjakan tugas dan mencari referensi secara cepat
Gadget bisa dipakai untuk mengakses informasi dan referensi dengan mudah. Siswa tidak perlu menunggu buku tertentu di perpustakaan, cukup mencari di internet maka materi pelajaran bisa segera ditemukan. - Memudahkan komunikasi, baik dengan teman maupun guru
Gadget memudahkan komunikasi, misalnya saat ada tugas kelompok, siswa bisa berdiskusi lewat WhatsApp, atau bertanya kepada guru melalui pesan singkat. - Sumber hiburan yang bisa digunakan sebagai penyegar saat jenuh
Selain belajar, gadget juga bisa menjadi hiburan yang bermanfaat, seperti menonton video edukasi, mendengarkan musik islami, atau membaca artikel motivasi. Hiburan ini bisa membuat pikiran kembali segar setelah lelah belajar. - Akses informasi tak terbatas, termasuk e-book dan video pembelajaran
Gadget menyediakan akses luas terhadap e-book, artikel ilmiah, dan video pembelajaran. Hal ini sangat membantu siswa untuk memperdalam pengetahuan, bahkan di luar pelajaran sekolah. - Mengembangkan keterampilan digital—mengetik, mengelola file, dll.
Penggunaan gadget melatih keterampilan digital sejak dini, misalnya mengetik cepat, membuat presentasi, atau mengelola file. Keterampilan ini tentu akan sangat bermanfaat di dunia pendidikan maupun dunia kerja di masa depan.
Risiko & Batasan Gadget
- Ketergantungan yang menghambat belajar atau menurunkan moral
Penggunaan gadget tanpa kontrol bisa membuat siswa kecanduan, malas belajar, bahkan menurunkan semangat. Lebih berbahaya lagi, jika terlalu banyak terpapar konten negatif, hal ini dapat memengaruhi akhlak dan moral remaja. - Perlu dibarengi tips penggunaan yang sehat
Agar gadget tidak menjadi penghalang belajar, penggunaannya harus disertai manajemen waktu yang baik. Misalnya, gunakan gadget untuk belajar atau hiburan secukupnya, lalu seimbangkan dengan aktivitas lain seperti berolahraga, membantu orang tua, dan beribadah. Selain itu, pahami konsep Internet Sehat, yaitu menggunakan internet dengan cara yang bermanfaat, aman, dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Gadget memang bisa menjadi teman belajar yang powerful, tetapi penggunaannya harus dibatasi agar tidak menimbulkan dampak negatif. Ibarat obat, gadget bisa menyembuhkan bila digunakan dengan dosis tepat, tetapi bisa menjadi racun bila dipakai berlebihan.
Nah, setelah membaca artikel ini, apakah kamu bisa menemukan manfaat lain atau risiko lain dari penggunaan gadget? Yuk, tuliskan pendapatmu di kolom komentar.
By : F@r
Referensi
- Diskominfo Badung. (2022). Manfaat Gadget Bagi Pelajar. diskominfo.badungkab.go.id
- SMAN 1 Numfor Barat. (2023). Peran Gadget dalam Pembelajaran. sman1numfor.sch.id
- Kompasiana. (2022). Manfaat Gadget dalam Dunia Pendidikan. kompasiana.com
- SD Fransiskus 3 Kayuputih. (2023). Pendidikan di Era Digital: Manfaat dan Risiko Gadget. sdfransiskus3kayuputih.sch.id
- Kompasiana. (2023). Pengaruh Gadget terhadap Generasi Muda. kompasiana.com
- UIN Jakarta Repository. (2021). Pengaruh Gadget terhadap Prestasi Belajar dan Akhlak Peserta Didik. repository.uinjkt.ac.id
- Acer Indonesia. (2021). Tips Penggunaan Gadget untuk Siswa. acerid.com
0 Comments